Bidang Kesumma

Dan Katakanlah: "Bekerjalah kamu, Maka Allah dan rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) yang mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang Telah kamu kerjakan. (At Taubah : 105)

Sesuai dengan namanya, bidang ini berkaitan langsung dengan mahasiswa muslim akuntansi pada khususnya. Ruang lingkup kerja bidang Kesumma berkaitan dengan penyediaan, pengurusan dan perawatan berbagai sarana bagi kemaslahatan mahasiswa muslim akuntansi khususnya ketika berada di lingkungan gedung D. Dengan kata lain, bidang ini banyak benyak berhubungan dengan kegiatan sosial.

Sebagai tambahan, bidang ini tergolong sebagai bidang yang "muda" dibanding bidang lainnya. Bidang ini merupakan "pecahan" bidang syi'ar di IMMSI. Bidang ini mulai terbentuk pada periode pengurus 2006/2007. Tujuan pemecahan ini salah satunya adalah untuk mengurangi beban kerja bidang syi'ar. Selanjutnya, bidang Kesuma yang baru terbentuk banyak menangani masalah yang berkaitan dengan pekerjaan yang berkaitan langsung dengan penyediaan sarana bagi mahasiswa muslim akuntansi (lebih bersifat sosial).

Ketika ingin melaksanakan shalat di gedung D? maka kita (bagi yang ikhwan) dapat menggunakan mushala di lantai 1 di bawah tangga. Selain itu, air minum dan permen yang tersedia di mushala pun boleh dinikmati karena semuanya memang disediakan bagi umat. Ketika membutuhkan beberapa buku bacaan? Buku-buku di perpustakaan immsi pun dapat dipinjam (yang penting dijaga dan dikembalikan yaa...

Adapun program kerjanya :

1. Perawatan mushola gedung D. Dengan demikian diharapkan dapat menyediakan kenyamanan beribadah bagi yang menggunakannya.

2. Perpustakaan. Untuk operasionalnya, program ini bekerja sama dengan 2 ukm lain di STAN. Organisasi tersebut adalah : al-lughoh (berkaitan bahasa arab) dan SAFF (berkaotan dengan ekonomi syari’ah). Buku-bukunya bisa dipinjam koq. Syaratnya : dirawat dan dikembalikan. O ya, mengingat buku-buku disana masih sedikit, kami juga menerima donasi buku dari teman-teman sekalian.

3. Penyediaan air minum dan permen. Ada di mushola ikhwan. Boleh diambil dan gratis.

4. Program ke lapak sarmili. Tujuannya adalah sebagai bentuk kepedulian kita kepada saudara-saudara kita yang kurang beruntung. Nanti kita akan ‘turun’ ke sana. Selain itu, kita akan juga memberikan sejumlah donasi bagi mereka.

5. Kartu Ucapan. Tunggu aja kehadirannya pada saat uts dan uas.

6. Jadwal shalat. Program ini ketika tulisan dibuat masih dalam proses penyusunan dan pengumpulan data. Ditunggu ya. Tujuan kita membantu teman-teman untuk mengetahui jadwal shalat sehingga dapat bersiap-siap menjelang azan. Dengan kata lain, agar kita terbantu untuk melaksanakan shalat di awal waktu.

dan masih banyak lagi.....

Untuk menjalankan kegiatan diatas, bidang ini didukung sejumlah personil yang siap bahu-membahu menjalankan amanah tersebut. Untuk periode 2009/2010, skuad kesumma terdiri dari :

Kabid : M. Andriayansyah Putra

Staff :

Dwi Setiawan 2-R

Yudo Kurniawan 2-Q

Hud Hani' 2-T

Galih Jaya Kusuma 1-T

M. Syaiful 1-A

Hisma Yulief Abu Sopyan 1-O

Arif Rasyid Rangkuti 1-S


FYI, informasi tambahan, kabid kesumma dari masa ke masa

2006-2007 : Roby W.

2007-2008 : Herlambang Aji Kusuma

2008-2009 : Ichwan Qaddafi Nazhif

2009-2010 : M. Andriansyah P.

Itulah sekelumit tentang Kesumma

Wahai orang-orang yang yang beriman! jika kamu menolong (agama) Alloh, niscaya Dia akan menolong mu dan meneguhkan kedudukanmu� (Qs. Muhammad :7)

0 Comments:

Post a Comment